Buah Penurun Kolesterol Paling Ampuh

15 buah penurun kolesterol paling ampuh - untuk menurunkan kolesterol biasanya ada banyak cara yang dilakukan oleh para penderita kolesterol tinggi diantaranya dengan mengatur pola makan yang sehat salah satu caranya yaitu dengan mengkonsumi buah penurun kolesterol.

secara alamiah  buah-buahan yang segar tentu saja dapat menurunkan kolesterol, walaupun dibandingkan dengan meminum obat kimia penurun kolesterol prosesnya berlangsungnya tergolong lebih lambat, tetapi justru hasil yang akan didapatkan   lebih memuaskan dengan mengonsumsi buah karena lebih aman dan tanpa efek samping.

untuk dapat menurunkan kolesterol yang tinggi, apa saja yaa buah yang tergolong di dalamnya? nah berikut ini kami akan paparkan untuk anda dan tentu saja anda tak usah khawatir! anda dapat memlilih alternatif buah yang lainnya jika anda tidak menyukai salah satu atau beberapa dari buah itu karena ada banyak jenis buahnya lho....
buah penurun kolesterol

15 buah penurun kolesterol yang paling ampuh


daftar buah - buahan penurun kolesterol tinggi dalam tubuh

jeruk nipis




 jeruk nipis baik untuk menurunkan kolesterol



 dikenal dengan nama sebagai flavones polymethoxylated buah jeruk nipis ini sangat kaya akan flavonoid lho yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dengan antioksidan yang memiliki efek yang kuat terkhusus ampuh mengobati kolesterol jahat ldl.

karena fungsinya dapat juga secara keseluruhan menurunkan kolesterol sehingga penyakit kardiovaskular yang mana risikonyapun juga dapat dikurangi. di samping itu ada juga manfaat lain karena dengan kandungan nutrition c yang tinggi dapat membantu mencegah kerusakan penyakit kolesterol ldl. setelah mengkonsumsi dalam takaran antara 100 sampai 1.000 miligram in keeping with hari menggunakan suplemen vitamin c hasil studi yang diperoleh ternyata berbeda-beda.

buah satu ini memang tidak tidak terlalu banyak dikonsumsi secara langsung. jeruk nipis lebih banyak digunakan sebagai teman minum atau dicampur dalam masakan.

kandungan jeruk nipis


jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid yang berkhasiat menghambat produksi kolesterol ldl, sehingga otomatis akan mengurangi resiko serangan jantung. selain pada jeruk nipis, flavonoid juga banyak ditemui pada teh, tomat, brokoli, kedelai, delima, serta bawang merah dan bombay.

untuk menikmati jeruk nipis, cukup dengan mengiris-iris tipis dan masukan ke dalam gelas. tuang air panas dan tunggu 30 menit, lalu diminum sampai habis. sebaiknya diminum dua kali sehari, pagi dan malam. jangan khawatir dengan perut anda, karena jeruk nipis tidak akan membuat lambung jadi perih.



jambu biji/jambu merah

jambu biji baik untuk menurunkan kolesterol



guava atau jambu biji merah banyak mengandung vitamin e, vitamin c, karotenoid, flavonoid, selenium, dan likopen. bagi kesehatan tubuh kita semuanya sangat bermanfaat maka dari itu jambu biji ini tergolong le dalam salah satu buah penurun kolesterol yang baik.

dalam menurunkan kolesterol adapun yang sangat banyak berperan adalah antioksidan flavonoid karena yang mampu menurunkan kolesterol jahat trigliserida dan ldl. melalui penelitian hal ini telah dibuktikan, bahwa selama 2 bulan dengan mengkonsumsi jus jambu merah dalam dosis yang terukur kolesterol dapat turun 53% dari general eighty three% kolesterol ldl.

buah anggur


anggur baik untuk menurunkan kolesterol

zat yang berperan aktif untuk menurunkan kolesterol terdapat pada anggur. yaitu senyawa flavonoid, di samping itu senyawa ini juga mampu menangkal kerusakan dan penggumpalan darah juga dapat dicegah akibat dari radikal bebas yang masuk. selain itu, banyak serat terkandung dalam buah anggur dan dapat menurunkan kolesterol ldl sekaligus menaikkan kolesterol baik, hdl yang dimiliki oleh zat catechin.

buah delima


zat yang terkandung dalam buah delima tidak hanya kolesterolnya dapat diturunkan tetapi juga dalam aliran darahpun dapat menghilangkan plak sebagai akibat tingginya kolesterol darah. nah dari kandungan oksida nitrat itulah fungsi ini diperoleh yang terdapat dalam buah delima.

ternyata juga kandungan antioksidan yang ada dalam buah delima tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan anggur merah lho begitulah kabarnya.

buah delima baik untuk menurunkan kolesterol

15 buah penurun kolesterol


buah mangga


buah mangga untuk kolesterol


pada buah mangga mengandung sumber nutrition c yang mana dapat mencegah terjadinya kolesterol jahat teroksidasi akibat dari (penimbunan) plak yang ada pada kolesterol pembuluh darah.

pada tahap pencernaan dalam aliran darah yang masuk. sumber dari makanan yang kaya akan serat bisa mengurangi kolesterol salah satunya yaitu buah mangga.

buah berry

kategori dari jenis buah-buahan yang masuk dalam berry yang memiliki khasiat sebagai antioksidan terkenal kaya akan pterostilbene. selain kolesterol jahat yang dapat diturunkan, pencegahan penumpukan plak dalam arteri juga dapat dilakukan oleh zat ini yang jika biarkan serangan jantung koroner dan stroke bisa terjadi.

berry untuk kolesterol

alpukat
buah yang kaya akan lemak sering orang menganggap ada pada alpukat sehingga banyak orang tentu saja tidak ingin menderita kolesterol tinggi atau takut gemuk lalu yang menghindarinya. apakah benar demikian?

banyak lemak memang terkandung di dalam alpukat, sampai 16 persen bahkan. namun lemak yang tak jenuh tunggallah, lemak yang  ada di dalam alpukat, kalau kalian tau justru menyehatkan lho, karena pada lemak ini kadar kolestrol jahat (ldl) dapat diturunkan dan menaikan kadar kolesterol baik (hdl) .

kandungan buah alpukat

beta-sitosterol juga terkandung pada alpukat yang juga menyehatkan sejenis lemak nabati karena jumlah kolesterol dapat dikurangi dari makanan yang diserap. dengan cara yang sehat cobalah nikmati buah alpukat itu, seperti dengan membuat jus, namun jangan terlalu banyak gula saat memberinya.

selama ini ada anggapan bahwa alpukat adalah buah yang mengandung banyak lemak dan tidak baik untuk kesehatan. alpukat memang mengandung banyak lemak, yaitu sekitar 16 persen. tetapi lemak pada alpukat adalah lemak yang menyehatkan, karena 63% penyusunnya adalah asam lemak tak jenuh, terutama asam lemak tidak jenuh tunggal.

mengonsumsi alpukat justru akan membantu menurunkan kolesterol jahat (ldl) yang sangat buruk bagi kesehatan.

lemak tak jenuh pada alpukat berfungsi sebagai antioksidan yang berkhasiat menjaga pebuluh darah kita dari kerusakan arteri akibat penumpukan kolesterol ldl (low density lipoprotein).



selain sebagai buah penurun kolesterol, alpukat juga sangat baik bagi penderita diabetes karena mengandung banyak omega-nine dan serat. omega-nine dan serat ini berkhasiat menjaga kadar gula darah dalam tubuh kita.





buah zaitun
buah zaitun untuk menurunkan kolesterolbuah zaitun untuk menurunkan kolesterol

zat anti oksidan (hydroxytyrosol) yang terkandung sangat kaya terdapat pada buah zaitun yang memiliki manfaat kadar kolestrol dalam darah dapat diturunkan namun dan kadar kolesterol baik dalam tubuh (hdl). tidak berkurangi sedikitpun.

terhadap kesehatan jantung ada berefek baik pada buah ini  karena mengandung   vitamin e serta asam lemak tak jenuh tunggal yang nantinya kadar kolesterol baik dapat ditingkatkan.

kita bisa mengonsumsi campuran 2 (dua) sendok minyak zaitun setidaknya dan dicampurkan pada salad buah zaitun tercebut. apabila kita ingin mendapatkan manfaatnya secara maksimal,





jeruk lemon
manfaat jeruk lemon untuk menurunkan kolesterol.jpgvitamin c yang tinggi juga ada pada lemon, yaitu pada 1 cangkir segmen lemon mentah memiliki 112 miligram nutrition c dan 1 cangkir jus lemon segar mengandung ninety four miligram;

dalam lemon produksi apo-b akan berkurang berkat nutrition c apo-b sendiri termasuk sejenis zat yang menambah dan memicu kolesterol dalam darah. antioksidan juga terkandung dalam buah lemon yang dapat berkontribusi pada  oksidan ldl berkurang.



tomat

buah tomat baik untuk kesehatan kolesterol

tomat juga termasuk buah penurun kolesterol yang paling ampuh. bahkan laporan riset di jurnal maturitas menyebutkan, tomat yang sudah dimasak memiliki khasiat yang hampir sama dengan obat kimia penurun kolesterol seperti statin (obat gangguan jantung).

bedanya, tomat tidak memberi efek samping yang buruk seperti sakit otot, lemas dan bahkan kerusakan saraf

rahasia khasiat tomat ini ada pada senyawa likopen yang memberi warna merah pada tomat matang. likopen merupakan antioksidan penting yang berkhasiat mengurangi resiko stroke dan serangan jantung. selain likopen, tomat juga mengandung kalium dan diet b yang mampu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

kandungan tomat

untuk mendapatkan kandungan likopen terbaik, tomat sebaiknya dimasak terlebih dahulu karena likopen akan menjadi lebih mudah diserap oleh tubuh. 50 gram pasta atau setengah liter sari buah tomat akan memberikan perlinduangan dari sakit jantung.

kandungan likopen terkenal dimiliki oleh tomat yang kadar kolesterol jahat (ldl) dapat diturunkan. tomat bisa kita nikmati serta kabaikannya diperoleh dengan cara dimakan selagi segar, atau  dalam bentuk sup dan dibuat juice.

bagi penderita maag kronis  tahukah anda, bahwa tomat juga bisa menjadi makanan sehat untuk anda karena dapat menenangkan lambung kegunaanya.



semangka
buah segar yang satu ini sangat terkenal, selain dengan cepat dapat menghilangkan dahaga, ternyata termasuk juga ke dalam daftar buah penurun kolesterol semangka ini. karena kandungan likopen dalam buah semangka dikteahuilah hal ini sama  halnya pada tomat kadar kolesterol jahatnya yang dapat diturunkan  dalam darah.

buah semangka baik untuk kolesterol



apel
manfaat buah apel untuk menurunkan kolesterol



salah satu buah penurun kolesterol merupakan apel. memang terkenal sekali menyehatkan buah yang satu ini, dan karena kandungan zat beta-glucan diketauilah sekarang bahwa mengontrol produksi kolesterollah peranannya.

apel termasuk juga sebagai sumber serat larut. kolesterolpun dapat diturunkan dan arteri mengeras dapat dicegah serta terhadap serangan jantung dan stroke tubuh terlindungi.

manfaat dari buah ini serta menikmatinya adalah dua hal yang dapat kita peroleh dengan cara dibuat jus atau makan langsung. cuka juga dapat dibuat dari apel. secara rutin apabila dikonsumsi cuka apel mampu menaikan kolesterol baik (hdl) dan menurunkan kolesterol jahat (ldl). bagi penderita diabetes buah dan cuka apel  ini juga cukup ampuh lho buktinya sensitivitas insulin dapat ditingkatkan bagi penderita diabetes tipe-2.

buah yang satu ini memang terkenal menyehatkan, dan sekarang kita tahu bahwa apel merupakan salah satu buah penurun kolesterol karena kandungan zat beta-glucan yang berperanan dalam mengontrol produksi kolesterol.



apel juga sebagai sumber serat larut yang dapat menurunkan kolesterol dan mencegah arteri mengeras serta melindungi tubuh terhadap serangan jantung dan stroke. kita bisa menikmati buah ini sambil mendapatkan manfaatnya dengan cara di makan langsung atau berupa jus.



apel juga bisa dibuat cuka. mengonsumsi cuka apel secara rutin dapat menurunkan kolesterol jahat (ldl) dan meningkatkan kolesterol baik (hdl). di samping itu, buah apel merupakan buah ampuh untuk penderita diabetes dan cuka apel diketahui dapat meningkatkan sensitivitas insulin penderita diabetes tipe-2.





buah pir

manfaat buah pir untuk menurunkan kolesterolsebagai sumber serat larut air itulah buah ini dikenal yang merupakan serat larut dan pembentuk substansi) sangat baik termasuk gel pektin.   dibandingkam dengan kandungan pektin tinggi yang dimiliki pada apel, sebenarnya pektin lebih tinggi dimiliki oleh pir. oleh sebab itu, menjadi salah satu buah penurun kolesterol buah pir. pembersihan usus juga terbantu oleh pektin dalam pir serta melancarkan buang air besar.

buah ini merupakan sumber serat larut air yang sangat baik (serat larut dan membentuk substansi) – seperti gel termasuk pektin. dan meskipun apel biasanya memilik kandungan pektin yang tinggi, pir sebenarnya memiliki pektin lebih tinggi. karena itu, pir menjadi salah satu buah penurun kolesterol. pektin dalam pir juga membantu pemebersihan usus dan melancarkan buang air besar.





pisang
buah pisang menurunkan kolesterol



sumber serat makanan yang baik adalah pisang karena dapat membantu mengurangi kolesterol “jahat” atau low-density lipoprotein – ldl. selain itu, dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan kalium yang ada dalam pisang, dan pada saatnya, dapat membuat jantung sehat serta mengurangi kolesterol jahat.

anda dianjurkan juga untuk mengonsumsi makanan penurun kolesterol  selain memang buah efektif mengurangi kolesterol, tetapi jangan lupa menerapkan juga 3 cara mudah menurunkan kolesterol secara alami.

semua buah-buahan hampir dapat menurunkan kolesterol tinggi. apabila kita perhatikan, karena pada prinsipnya memang makanan bervitamin, berserat dan kaya antioksidan bagi penderita kolesterol tinggi sangat diperlukan.

pisang merupakan sumber yang baik dari serat makanan, yang dapat membantu mengurangi low-density lipoprotein – ldl atau kolesterol “jahat”. selain itu, kalium dalam pisang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, dan pada gilirannya, dapat menurunkan kolesterol jahat dan menyehatkan jantung.

http://tubuhsehatku.info/category/kolesterol

mengkudu
buah mengkudu baik untuk menurunkan kolesterol

buah mengkudu atau terkenal dengan disebut noni juga memiliki khasiat menurunkan kolesterol . kandungan xeronine di dalamnya terbukti baik dalam menurunkan kolesterol dalam tubuh anda .



baca juga -> menurunkan kolesterol dengan buah mengkudu nonitrend tiens

Comments

Popular Posts