cara pencegahan dan cara mengobati kolesterol tinggi

Cara Pencegahan dan Cara Mengobati Kolesterol Tinggi - kolesterol adalah senyawa lemak berlilin yang ada di dalam tubuh , kolesterol dibentuk dan dibuat / diproduksi di hati dan juga sebagian didapatkan dari makanan. kolesterol berfungsi di dalam tubuh untuk meregenerasi sel & membantu tubuh memproduksi sel baru agar tubuh dapat berfungsi dengan normal. kolesterol membantu tubuh memproduksi vitamin d , sejumlah hormon , dan asam empedu untuk mencerna lemak. bersama dengan darah, kolesterol ini akan nebenk melaksanakan tugasnya yang banyak itu.. mungkin seperti ini gambarannya seperti orang nebenk di motor.

Pengertian Kolesterol dan Batasan Kolesterol

sebelum membahas lebih jauh mengenai cara penjegahan dan cara mengobati kolesterol tinggi kita harus mengetahui berapakah widespread untuk nominal kolesterol dalam tubuh manusia . karena banyak yang bertanya pada saya ... mas kolesterol yang regular itu berapa sih ?? nah, jika anda belum membaca artikel saya sebelumnya , ada baiknya anda baca dulu apa itu kolesterol ya. jadi gini , di artikel sebelumnya saya tuliskan bahwa kerja kolesterol itu antara lain memperbaiki sel tubuh rusak dan memperbaharuinya kembali, tapi yang menjadi masalah jika dia terlalu banyak, dia akan mengendap. nah sesungguhnya kolesterol ini bisa diukur , jadi ada angka pengukurnya dan bagaimana mengukurnya :

Standar Nominal Kolesterol dalam Tubuh Manusia

Berikut general nominal kolesterol dalam tubuh manusia :

kolesterol general idealnya adalah dibawah two hundred mg/dl .
jika dibawah 200mg/dl artinya tubuh anda sehat
jika diatas 200mg-239 mg/dl artinya mengkhawatirkan / tinggi
jika diatas 240 mg/dl artinya buruk /sangat tinggi
cara mencegah kolesterol tinggi

nah, kolesterol juga terdiri atas ldl dan hdl , ldl yang dikenal sebagai kolesterol jahat (jika ketinggian , dan hdl yang berarti kolesterol baik) , kadarnya adalah sbb :

kadar ordinary hdl adalah diatas 60 mg/dl
untuk pria jika hdl di rentang forty-forty nine  mg/dl, masih bisa ditoleransi . dibawah 40 sudah tidak bagus.
untuk wanita jika hdl di rentang 50-fifty nine maaih bisa di toleransi , dibawah 50mg/dl sudah tidak bagus.
kadar kolesterol ordinary ldl adalah dibawah 100mg/dl .
jika ldl one hundred-129 berarti sudah diatas foremost.
jika ldl 130-159 sudah mengkhawatirkan , dan jika ldl sudah a hundred and sixty-189 mg/dl artinya mengkhawatirkan.
jika ldl sudah diatas a hundred ninety mg/dl artinya sangat tinggi & sangat buruk , waspada stroke dan penyakit serangan jantung tiba - tiba . segera hubungi penanganan medis yang mumpuni.
selain ldl dan hdl ada juga yang harus diperhatikan yaitu trigliserida, fashionable  untuk trigliserida adalah sebagai berikut :

kadar trigliserida yang normal yaitu dibawah 150 mg/dl
jika trigliserida sudah one hundred fifty-199 mg/dl artinya sudah ambang tinggi
jika trigliserida sudah two hundred-499 artinya buruk / tinggi dan jika trigliserida sudah diatas 500 mg/dl artinya sangat tinggi dan berbahaya , segera hubungi dokter anda
trigliserida ; cara mencegah dan cara mengobati kolesterol tinggi

pertanyaan nya berapa kadar kolesterol , hdl dan ldl anda saat ini ? kapan terakhir kali anda cek ? jika anda belum cek dalam waktu yang lama... segera checkup ! banyak orang bilang sehat itu mahal salah ! yang benar adalah...sehat itu murah..... sakit jauh lebih mahal  jaga dari sekarang , sebelum semua tidak bisa diulang .... oiya satu lagi , jika anda merasa artikel ini bermanfaat buat anda, jangan lupa dibagikan yah ,berbagi itu ibadah... berbagi ilmu sehat itu juga ibadah... sip ? oke lanjut....



cara pencegahan kolesterol yang mudah dilakukan

tubuh kita adalah cerminan dari pola hidup kita. jika tubuh kita menyimpan banyak penyakit , itulah cerminan dari pola hidup kita sehari hari . orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi tentu sering menyantap makanan dengan kadar lemak jenuh yang tinggi. dan makanan - makanan dengan tinggi ldl yang tidak terkontrol . cara pencegahan kolesterol yang mudah dilakukan antara lain dengan cara menjaga pola makan , pola istirahat dan olahraga . tentu saja dengan menghindari makanan makanan yang memiliki tingkat kolesterol tinggi . berikut ini beberapa daftar makanan yang boleh dimakan dan baik untuk mencegah kolesterol :

buah pace
anggur merah
bubur gandum
yoghurt
beras merah'
baca juga : 12 makanan penurun kolesterol

dan berikut makanan makanan yang sebaiknya jangan anda konsumsi berlebihan agar kolesterol anda tidak naik menjadi tinggi :

daging bebek
telur puyuh
kuning telur
kulit ayam
daging berlemak / lemak daging
makanan bersantan
biskuit dan kue
recommendations mengobati kolesterol tinggi

jika kolesterol anda saat ini tinggi , segera konsultasikan kepada penanganan medis yang anda percaya . carilah dokter yang memang sudah memiliki pengalaman dan rekomendasi yang baik dari kenalan anda. segera ubah pola hidup anda menjadi lebih sehat . jauhi makanan makanan yang mengandung kolesterol tinggi , segera lakukan weight-reduction plan sehat rendah kolesterol dan rendah kalori . kontrol pola hidup anda dalam sebuah diagram.

namun jika anda ingin mencoba pola lain dalam mengobati kolesterol tinggi , anda dapat memilih metode yang berbeda dalam menurunkan kolesterol dalam tubuh anda . berikut adalah beberapa hints sederhana yang mungkin dapat anda lakukan dirumah :

pilih makanan yang sehatcara pencegahan dan cara mengobati kolesterol tinggi



jika anda sudah memiliki kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh anda,  cara mengobati kolesterol tinggi salah satunya yaitu dengan memilih makanan yang sehat . jika awalnya anda dapat mengkonsumsi apa saja , mungkin kali ini sudah tidak semua makanan dapat anda santap. memang tidak menyenangkan , namun inilah yang wajib anda lakukan. tentu saja anda masih ingin melakukan segala aktifitas dengan regular bukan ? memilih makanan yang sehat adalah salah satu komitmen yang sangat baik untuk anda lakukan demi meningkatkan kesadaran anda terhadap kadar kolesterol anda setiap harinya .

memulai komitmen olahraga teratur

 olahraga teratur - cara pencegahan dan cara mengobati kolesterol tinggi

banyak orang ingin hidup sehat tapi malas olahraga . di masa sibuk saat ini , orang lebih sering bergaul dengan gadgetnya ketimbang berolahraga , padahal olahraga sangat baik dan perlu anda komitmen-kan dan wajib anda rutinkan jika anda sudah memiliki kadar kolesterol yang tinggi. kemampuan tubuh untuk membakar glukosa dan energi  akan membawa kadar kolesterol menjadi ordinary kembali .

olahraga akan dapat meningkatkan hdl atau kolesterol baik yang dapat menekan ldl agar semakin stabil . jenis olahraga sederhana yang mungkin dapat anda lakukan antara lain sebagai berikut : jalan kaki 30 menit di pagi hari , bersepeda keliling komplek perumahan tempat anda tinggal , ataupun anda bisa lakukan olahraga lain sesuai hobi anda . tidak perlu lama, yang penting rutin dilakukan . olahraga pun akan dapat membantu menghilangkan pressure anda terhadap pekerjaan anda sehari - harinya . jadi olahraga ini memiliki sangat banyak manfaat bagi anda, dan juga bagi kehidupan anda sehari - harinya .

mas saya tidak sempat olahraga gimana ya ? nah bapak ibu , olahraga itu bukan sempat ataupun tidak sempat , tapi disempatkan

menurunkan berat badan

seseorang yang memiliki kolesterol yang tinggi biasanya memiliki berat badan yang lebih. cara menghitung berat badan perfect adalah antara lain tb (tinggi badan) - a hundred and five . sederhananya jika anda memiliki tinggi a hundred and seventy , berat best anda adalah 60-sixty five kg. jika lebih dari itu biasanya perut anda mulai membuncit. namun bagi beberapa orang , tubuh yang agak berisi akan terlihat lebih baik, sah - sah saja, selama dia masih masuk dalam kategori kolesterol normal.

orang kurus kolesterol tinggi

orang berbadan kurus bisa saja memiliki kolesterol tinggi jika setiap hari ia makan makanan dengan ldl dan lemak jenuh tinggi seperti bebek , kuning telur , telur puyuh dan lain lainnya . badan kurus pun bukan jaminan bahwa kolesterol anda regular , tetapi badan gemuk tentu saja biasanya kadar kolesterolnya lebih tinggi daripada yang berbadan kurus. oleh karena itu berat badan dan pola makan adalah hal yang harus anda kontrol jika anda sudah memiliki kolesterol yang tinggi .

berkonsultasi rutin kepada para medis dan mengecek kondisi kolesterol anda secara rutin

berkonsultasi dengan medis

rutinlah berkonsultasi dengan dokter anda secara berkala . lakukan apa yang disarankan oleh para medis anda , dan hindari apa yang dilarang. prinsipnya adalah mereka mengetahui soal medis , ikuti saja apa yang disarankan , selama hal tersebut tidak bertentangan dengan norma dan masih dalam batas kedokteran yang masuk akal . apakah clinical checkup diperlukan ? jawabannya adalah ya , scientific checkup diperlukan secara rutin agar anda tahu kondisi kesehatan tubuh anda seperti apa .


http://tubuhsehatku.info/category/kolesterol


demikianlah cara pencegahan dan cara mengobati kolesterol tinggi semoga artikel tentang cara pencegahan dan cara mengobati kolesterol tinggi bermanfaat bagi anda semua dan menjadi sumber inspirasi hidup sehat bagi kita semua.

Comments

Popular Posts